Menyajikan Program Pengolah Angka/Spreadsheets
Microsoft
Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program
aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan
didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft
Windows dan Mac
OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan
menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan
Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di
dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini
program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak
pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh
berbasis Mac OS,
semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini
merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan
versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang
diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System
2007 . [i]
Sebelum mulai memasuki pembahasan Microsoft Excel, ada baiknya
kita mengenal lebih dulu bagaimana tampilan Microsoft Excel itu, beserta
beberapa istilah-istilah umum yang akan digunakan.
Dalam Microsoft Excel terdapat 4 komponen utama yaitu :
1. Row
Heading
Row
Heading (Kepala garis), adalah penunjuk lokasi baris pada lembar kerja yang
aktif. Row Heading juga berfungsi sebagai salah satu bagian dari penunjuk sel
(akan dibahas setelah ini). Jumlah baris yang disediakan oleh Microsoft Excel
adalah 65.5), adalah penunjuk lokasi kolom pada lembar kerja yang
aktif. Sama halnya dengan Row Heading, Column Heading juga berfungsi sebagai
salah satu bagian dari penunjuk sel (akan dibahas setelah ini). Kolom di simbol
dengan abjad A – Z dan gabungannya. Setelah kolom Z, kita akan menjumpai kolom
AA, AB s/d AZ lalu kolom BA, BB s/d BZ begitu seterus sampai kolom terakhir
yaitu IV (berjumlah 256 kolom). Sungguh suatu lembar kerja yang sangat besar,
bukan. (65.536 baris dengan 256 kolom).
3. Cell Pointer
Cell
Pointer (penunjuk sel), adalah penunjuk sel yang aktif. Sel adalah perpotongan
antara kolom dengan baris. Sel diberi nama menurut
posisi kolom dan baris. Contoh. Sel A1 berarti perpotongan antara kolom A
dengan baris 1.
4. Formula Bar
Formula
Bar, adalah tempat kita untuk mengetikkan rumus-rumus yang akan kita gunakan
nantinya. Dalam Microsoft Excel pengetikkan rumus harus diawali dengan tanda
‘=’ . Misalnya kita ingin menjumlahkan nilai yang terdapat pada sel A1 dengan
B1, maka pada formula bar dapat diketikkan =A1+B1 .
Menggerakkan Penunjuk Sel (Cell Pointer)
Cell
Pointer berfungsi untuk penunjuk sel aktif. Yang dimaksud dengan sel aktif ialah sel yang akan dilakukan suatu
operasi tertentu. Untuk menggerakan ponter dengan Mouse dapat dilakukan dengan
meng-klik sel yang diinginkan. Untuk sel yang tidak kelihatan kita dapat
menggunakan Scroll Bar untuk menggeser layar hingga sel yang dicari kelihatan
lalu klik sel tersebut. Untuk kondisi tertentu kita lebih baik menggunakan
keyboard. Berikut daftar tombol yang digunakan untuk menggerakan pointer dengan
keyboard :
Tombol
|
Fungsi
|
← ↑ → ↓
|
Pindah satu sel ke kiri, atas, kanan atau bawah
|
Tab
|
Pindah satu sel ke
kanan
|
Enter
|
Pindah satu sel ke
bawah
|
Shift + Tab
|
Pindah satu sel ke kiri
|
Shift +
Enter
|
Pindah satu sel ke atas
|
Home
|
Pindah ke kolom A pada
baris yang sedang dipilih
|
Ctrl + Home
|
Pindah ke sel A1 pada lembar kerja yang aktif
|
Ctrl + End
|
Pindah ke posisi sel
terakhir yang sedang digunakan
|
PgUp
|
Pindah satu layar ke
atas
|
PgDn
|
Pindah satu layar ke
bawah
|
Alt + PgUp
|
Pindah satu layar ke
kiri
|
Alt + PgDn
|
Pindah satu layar ke
kanan
|
Ctrl + PgUp
|
Pindah dari satu tab
lembar kerja ke tab lembar berikutnya
|
Ctrl + PgDn
|
Pindah dari satu tab
lembar kerja ke tab lembar sebelumnya
|
Format Worksheets
Menambahkan border dan color
Kita dapat menambahkan border pada lembar kerja kita.
Caranya adalah dengan memblok terlebih dahulu cell yang akan kita beri border,
kemudian klik tombol pada tab home
Kemudian pilihlah jenis border yang diinginkan.
Microsoft Excel 2007 menyediakan pula style border yang
dapat langsung kita gunakan. Untuk menggunakannya klik tombol CELL STYLES pada
tab home :
MErge cells & Allign
Cell Contents
Microsoft Excel juga menyediakan fasilitas merge cells dan
memiliki fungsi yang sama seperti pada Microsoft word. Klik tombol berikut pada tab home.
Dan untuk mengatur alignment klik tombol berikut :
Latihan :
Buatlah tabel seperti berikut ini :
Perhatikan susunan huruf, alignment, dan bordernya.
NIM
|
Nama
|
Pertemuan 1
|
Pertemuan 2
|
||||
Lat1
|
Lat2
|
Postes
|
Lat1
|
Lat2
|
Postes
|
||
22001234
|
Aaaa
|
90
|
95
|
100
|
95
|
90
|
100
|
22001235
|
Mmm
|
85
|
90
|
88
|
96
|
85
|
85
|
22001236
|
Ccccc
|
90
|
85
|
85
|
95
|
88
|
85
|
22001237
|
Rrrrr
|
88
|
90
|
87
|
80
|
87
|
90
|
22001238
|
Eeee
|
87
|
85
|
88
|
85
|
86
|
85
|
22001239
|
Nnnn
|
99
|
90
|
80
|
90
|
85
|
90
|
22001240
|
Gggg
|
100
|
92
|
85
|
95
|
90
|
92
|
22001241
|
Hhhh
|
88
|
90
|
90
|
100
|
95
|
90
|
22001242
|
Kkkk
|
95
|
90
|
92
|
88
|
90
|
90
|
22001243
|
Jjjjj
|
90
|
85
|
88
|
85
|
100
|
85
|
Bloklah
field Nama, lalu pilih tab Home è Sort &
Filter lalu pilih Sort A to Z.
Convert Text To Columns
Terkadang kita ingin memisahkan
dua buah kata yang tadinya berada dalam satu cell menjadi dua cell atau
lebih. Kita dapat menggunakan Convert
Text to Columns untuk memisahkan dua buah kata yang terpisahkan oleh koma,
spasi, tab, dan lainnya.
Cara :
Ketiklah “pengantar komputer” dalam sebuah cell.
Pilih tab DATA è Text to Columns
Akan muncul window seperti berikut :
Delimited dipilih
jika dua buah kata tersebut dipisahkan oleh koma atau tab.
Fixed Width untuk
mengeset data terpisah dengan ukuran tertentu.
Setelah finish, kita akan mendapatkan pengantar dan komputer
berada pada cell yang berbeda.
HEADER & FOOTER
Seperti pada Microsoft Word, kita juga dapat menambahkan
header dan footer. Caranya :
Pilih tab Insert è Header Footer
o Menggunakan Rumus (Formula)
Rumus merupakan bagian terpenting dari Program Microsoft Excel ,
karena setiap tabel dan dokumen yang kita ketik akan selalu berhubungan dengan
rumus dan fungsi. Operator matematika yang akan sering digunakan dalam rumus
adalah ;
Lambang
|
Fungsi
|
+
|
Penjumlahan
|
-
|
Pengurangan
|
*
|
Perkalian
|
/
|
Pembagian
|
^
|
Perpangkatan
|
%
|
Persentase
|
Proses perhitungan akan dilakukan sesuai dengan derajat urutan
dari operator ini, dimulai dari pangkat (^), kali (*), atau bagi (/), tambah
(+) atau kurang (-).
Latihan 1 :
Ketiklah
contoh berikut dalam excel anda dan hitunglah total tersebut dengan menggunakan
fungsi penjumlahan. ( total = Harga x Jumlah).
Setelah selesai silakan simpan dengan nama file : latihan1.xls.
o Menggunakan Fungsi
Fungsi sebenarnya adalah rumus yang sudah disediakan oleh Microsoft
Excel, yang akan membantu dalam proses perhitungan. kita tinggal memanfaatkan
sesuai dengan kebutuhan. Pada umumnya penulisan fungsi harus dilengkapi dengan
argumen, baik berupa angka, label, rumus, alamat sel atau range. Argumen ini harus
ditulis dengan diapit tanda kurung ().
Beberapa
Fungsi yang sering digunakan:
1.
Fungsi Average(…)
Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai
rata-rata dari sekumpulan data(range). Bentuk umum
penulisannya adalah =AVERAGE(number1,number2,…), dimana number1, number2, dan
seterusnya adalah range data yang akan dicari nilai rata-ratanya.
2.
Fungsi Logika
IF(…)
Fungsi ini digunakan jika data yang
dimasukkan mempunyai kondisi tertentu. Misalnya, jika nilai sel A1=1, maka
hasilnya 2, jika tidak, maka akan bernilai 0. Biasanya fungsi ini dibantu oleh
operator relasi (pembanding) seperti berikut ;
Lambang
|
Fungsi
|
=
|
Sama
dengan
|
<
|
Lebih
kecil dari
|
>
|
Lebih
besar dari
|
<=
|
Lebih kecil atau sama dengan
|
>=
|
Lebih besar atau sama dengan
|
<>
|
Tidak
sama dengan
|
3.
Fungsi Max(…)
Fungsi
ini digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (range).
Bentuk umum penulisannya adalah =MAX(number1,number2,…),
dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan
dicari nilai tertingginya.
4.
Fungsi Min(…)
Sama halnya dengan fungsi max, bedanya
fungsi min digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data numerik.
5.
Fungsi Sum(…)
Fungsi
SUM digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada suatu range. Bentuk umum
penulisan fungsi ini adalah =SUM(number1,number2,…).
Dimana number1, number2 dan seterusnya adalah range data yang akan dijumlahkan.
6.
Fungsi Left(…)
Fungsi
left digunakan untuk mengambil karakter pada bagian sebelah kiri dari suatu
teks. Bentuk umum penulisannya adalah =LEFT(text,num_chars).
Dimana text adalah data yang akan diambil sebagian karakternya dari sebelah
kiri, num_chars adalah jumlah karakter yang akan diambil.
7.
Fungsi Mid(…)
Fungsi
ini digunakan untuk mengambil sebagian karakter bagian tengah dari suatu teks.
Bentuk umum pemakaian fungsi ini adalah =MID(text,start_num,num_chars).
Artinya mengambil sejumlah karakter mulai dari start_num, sebanyak num_char.
8.
Fungsi Right(…)
Fungsi
ini merupakan kebalikan dari fungsi left, kalau fungsi left mengambil sejumlah
karakter dari sebelah kiri, maka fungsi mengambil sejumlah karakter dari
sebelah kanan teks.. Bentuk umum penulisannya adalah =RIGHT(text,num_chars). Dimana text adalah data yang akan diambil
sebagian karakternya dari sebelah kanan, num_chars adalah jumlah karakter yang
akan diambil.
9.
Fungsi HLOOKUP
dan VLOOKUP
Fungsi
HLOOKUP dan VLOOKUP digunakan untuk membaca suatu tabel secara horizontal
(VLOOKUP) atau secara vertikal (VLOOKUP). Bentuk umum penulisan fungsi ini
adalah :
=HLOOKUP(Lookup_value, Table_array, Row_index_num,…)
=VLOOKUP(Lookup_value, Table_array, Col_index_num,…)
Dari
rumus diatas, dapat dilihat bahwa bedanya hanya pada nomor indeksnya saja,
kalau kita pakai HLOOKUP, maka digunakan nomor indeks baris (Row_index_num),
tapi kalu pakai VLOOKUP digunakan nomor indeks kolom (Col_index_num). Nomor
indeks adalah angka untuk menyatakan posisi suatu kolom/baris dalam tabel yang
dimulai dengan nomor 1 untuk kolom/baris pertama dalam range data tersebut.
Latihan 2 :
Untuk lebih mengerti mengenai rumus dan fungsi-fungsi di atas,
perhatikan contoh kasus di bawah ini:
Buatlah tabel
seperti di bawah ini pada Microsoft Excel:
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
F
|
G
|
H
|
I
|
||
1
|
DAFTAR
NILAI MAHASISWA
|
|||||||||
2
|
SEMESTER
GANJIL 2007/2008
|
|||||||||
3
|
UNIVERSITAS
KRISTEN DUTA WACANA
|
|||||||||
4
|
||||||||||
5
|
MATA
KULIAH : ALJABAR LINIER
|
|||||||||
6
|
GROUP : C
|
|||||||||
7
|
||||||||||
8
|
NIM
|
NAMA
|
TGS 1
|
TGS 2
|
TTS
|
TAS
|
NILAI
|
KETERANGAN
|
||
9
|
ANGKA
|
HURUF
|
||||||||
10
|
22074150
|
SHANDY GITA
|
90
|
90
|
40
|
40
|
||||
11
|
22074151
|
YOHANNES PUTRA
|
100
|
90
|
60
|
45
|
||||
12
|
22074152
|
RONI ANGGARA
|
90
|
80
|
75
|
65
|
||||
13
|
22074153
|
GO KIEM LIONG
|
100
|
100
|
80
|
100
|
||||
14
|
22074154
|
PAULA WINDY
|
90
|
80
|
70
|
80
|
||||
15
|
22074155
|
FIONA ANDRIANTO
|
100
|
90
|
70
|
65
|
||||
16
|
22074156
|
ROY NALDO
|
90
|
100
|
40
|
40
|
||||
17
|
22074157
|
YONGKY SETIAWAN
|
100
|
90
|
50
|
25
|
||||
18
|
22074158
|
MATHEUS BIMA
|
90
|
80
|
40
|
30
|
||||
19
|
22074159
|
THERESIA
|
80
|
80
|
40
|
20
|
||||
20
|
NILAI
TERTINGGI
|
-
|
-
|
|||||||
21
|
NILAI
TERENDAH
|
-
|
-
|
|||||||
22
|
RATA-RATA
|
-
|
-
|
|||||||
Komponen nilai adalah :
1.
Tugas Sebelum TTS (TGS 1) :
10%
2.
TTS :
40%
3.
Tugas Setelah TTS (TGS 2) :
10%
4.
TAS :
40% +
Nilai :
100%
Setelah
nilai dalam bentuk angka didapatkan, maka diubah menjadi nilai huruf dengan
ketentuan sebagai berikut:
0 E 40 D 55 C 70 B 85 A 100
Langkah-langkahnya
:
1.
Untuk mencari nilai akhir dalam angka, arahkan pointer pada sel G10, kita akan menghitung nilai(0-100)
dari 4 komponen yang tersedia yaitu TGS 1, TGS 2, TTS, dan TAS. Sesuai dengan
masing-masing bobot nilai, tuliskan rumus di bawah ini:
=(C10*0.1)+(D10*0.1)+(E10*0.4)+(F10*0.4)
2.
Selanjutnya untuk G11
sampai G19, tinggal copy-paste dari G10.
Jika ada yang merasa kesulitan
mengcopy-paste, silahkan bertanya pada asisten.
(Hot key : Copy
-> Ctrl+C & Paste-> Ctrl V)
3. Kemudian untuk mengetahui nilai tertinggi dari tugas
1, arahkan pointer ke C20, gunakan
fungsi yang sudah disediakan di Microsoft Excel yaitu MAX(…).
=MAX(C10:C19)
4.
Selanjutnya untuk D20
sampai G20, tinggal copy-paste dari C20.
5.
Demikian juga untuk mencari nilai terendah, kita gunakan fungsi
Min(…). Arahkan pointer ke C21,
ketikkan rumus di bawah ini:
=MIN(C10:C20)
6.
Selanjutnya untuk D21
sampai G21, tinggal copy-paste dari C21.
7.
Untuk rata-rata gunakan fungsi AVERAGE(…), arahkan pointer ke C22.
=AVERAGE(C10:C19)
8.
Selanjutnya untuk D22
sampai G22, tinggal copy-paste dari C22.
9.
Kemudian untuk mengkonversi dari angka ke huruf, kita menggunakan
fungsi logika IF(…), arahkan pointer ke H10.
=IF(G10>=85,"A",IF(G10>=70,"B",IF(G10>=55,"C",IF(G10>=40,"D","E"))))
10.
Selanjutnya untuk H11
sampai H19, tinggal copy-paste dari H10.
11.
Untuk mengisi keterangan, kita aka menggunakan fungsi logika IF(…)
lagi, arahkan pointer ke I10. Lalu
tulis rumus di bawah ini:
=IF(H10="A","SANGAT BAIK",IF(H10="B","BAIK",IF(H10="C","CUKUP",IF(H10="D","
KURANG","TIDAK LULUS"))))
12.
Selanjutnya untuk I11
sampai I19, tinggal copy-paste dari I10.
Setelah selesai silakan simpan hasil kerja anda dengan nama file
baru : latihan2.xls.
Ingat!! Jawaban
untuk kolom NILAI harus dengan rumus fungsi diatas tidak boleh manual!!
Jika benar, maka hasilnya akan seperti ini:
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
F
|
G
|
H
|
I
|
||
1
|
DAFTAR
NILAI MAHASISWA
|
|||||||||
2
|
SEMESTER
GANJIL 2007/2008
|
|||||||||
3
|
UNIVERSITAS
KRISTEN DUTA WACANA
|
|||||||||
4
|
||||||||||
5
|
MATA KULIAH : ALJABAR
LINIER
|
|||||||||
6
|
GROUP : C
|
|||||||||
7
|
||||||||||
8
|
NIM
|
NAMA
|
TGS 1
|
TGS 2
|
TTS
|
TAS
|
NILAI
|
KETERANGAN
|
||
9
|
ANGKA
|
HURUF
|
||||||||
10
|
22074150
|
SHANDY GITA
|
90
|
90
|
40
|
40
|
50
|
D
|
KURANG
|
|
11
|
22074151
|
YOHANNES PUTRA
|
100
|
90
|
60
|
45
|
61
|
C
|
CUKUP
|
|
12
|
22074152
|
RONI ANGGARA
|
90
|
80
|
75
|
65
|
73
|
B
|
BAIK
|
|
13
|
22074153
|
GO KIEM LIONG
|
100
|
100
|
80
|
100
|
92
|
A
|
SANGAT BAIK
|
|
14
|
22074154
|
PAULA WINDY
|
90
|
80
|
70
|
80
|
77
|
B
|
BAIK
|
|
15
|
22074155
|
FIONA ANDRIANTO
|
100
|
90
|
70
|
65
|
73
|
B
|
BAIK
|
|
16
|
22074156
|
ROY NALDO
|
90
|
100
|
40
|
40
|
51
|
D
|
KURANG
|
|
17
|
22074157
|
YONGKY SETIAWAN
|
100
|
90
|
50
|
25
|
49
|
D
|
KURANG
|
|
18
|
22074158
|
MATHEUS BIMA
|
90
|
80
|
40
|
30
|
45
|
D
|
KURANG
|
|
19
|
22074159
|
THERESIA
|
80
|
80
|
40
|
20
|
40
|
D
|
KURANG
|
|
20
|
NILAI TERTINGGI
|
100
|
100
|
80
|
100
|
92
|
-
|
-
|
||
21
|
NILAI TERENDAH
|
80
|
80
|
40
|
20
|
40
|
-
|
-
|
||
22
|
RATA-RATA
|
93
|
88
|
56.5
|
51
|
61.1
|
-
|
-
|
||
Latihan
3 :
Buka workbook baru dan ganti nama Sheet1
menjadi Laporan. Ketik laporan berikut pada sheet laporan.
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
F
|
G
|
|
1
|
DAFTAR PESERTA UJIAN PELATIHAN
KOMPUTER
|
||||||
2
|
|||||||
3
|
UNIVERSITAS KRISTEN DUTA WACANA
|
||||||
4
|
|||||||
5
|
NO
|
KODE
|
NAMA
|
MATERI
|
BIAYA
|
WAKTU
|
KELAS
|
6
|
1
|
A-P-050
|
ARDI
|
||||
7
|
2
|
B-S-041
|
BOBBY
|
||||
8
|
3
|
C-P-042
|
JONI
|
||||
9
|
4
|
D-S-170
|
SETIAWAN
|
||||
10
|
5
|
A-M-010
|
AGUS
|
||||
11
|
6
|
B-M-151
|
RUDY
|
Ganti Sheet2 menjadi Tabel Anak, dan ketik
data berikut:
A
|
B
|
C
|
|
1
|
KODE
|
MATERI
|
BIAYA
|
2
|
A
|
Microsoft Word
|
25000
|
3
|
B
|
Microsoft Excel
|
35000
|
4
|
C
|
Java
|
45000
|
5
|
D
|
Visual Basic
|
50000
|
Ketentuan
proses :
·
Materi
Didapat dengan
membaca table anak yang terdapat pada Tabel Anak dengan kunci pembacaan, dengan
melihat karakter pertamanya.
·
Biaya
Didapat
dengan membaca table anak yang terdapat pada Tabel Anak dengan kunci pembacaan
Kode.
·
Waktu
Didapat
dengan ketentuan, jika karakter ke-3
dari Kode = “P” maka “Pagi”, jika “S” maka “Siang”, sedangkan jika “M” maka
“Malam”.
·
Kelas
Didapat dengan
ketentuan, jika karakter ke-5 Kode=0 maka “Regular”, sedangkan jika 1 maka
“Diploma”.
Penyelesaian:
Ø
Materi
Pada sel D6 =VLOOKUP((LEFT(B6,1)),'Tabel
Anak'!$A$2:$C$5,2)
Tanda ‘$’ digunakan sebagai fungsi absolute/mutlak.
Ø
Biaya
Pada sel E6 =VLOOKUP(LEFT(B6,1),'Tabel
Anak'!$A$2:$C$5,3)
Ø
Waktu
Pada Sel F6 =IF(MID(B6,3,1)="P","Pagi",IF(MID(B6,3,1)="S","Siang","Malam"))
Ø
Kelas
Pada Sel G6 =IF(MID(B6,5,1)="0","Regular","Diploma")
Latihan
4 :
1.
Buka workbook baru, dan buat tabel seperti dibawah ini:
Kode Barang
|
Merk
|
Jumlah
|
Harga
|
Total
|
Keterangan
|
N-12C
|
|||||
S-10K
|
|||||
S-05K
|
|||||
N-23C
|
|||||
M-90K
|
Ketentuan Proses:
Ø
Merk
Jika karakter
pertama dari Kode Barang=”N”, maka “NOKIA”, jika “S” maka “SAMSUNG”, dan “M”
adalah “MOTOROLA.
Ø
Jumlah
Mengambil
karakter ke-3 dan ke-4 Field Kode Barang
Ø
Harga
Jika Merk NOKIA
799.000
Jika Merk SAMSUNG
599.000
Jika Merk
Motorola 499.000
Ø
Total
Merupakan
perkalian antara Jumlah dengan Harga
Ø
Keterangan
Jika karakter
terakhir Kode Barang=”C” maka “Cash”
Jika karakter
terakhir Kode Barang=”K” maka “Kredit”
(Simpan dengan nama file latihan4.xls)
Latihan
5 :
Lengkapilah tabel di bawah ini dengan menggunakan table di
sebelahnya sebagai patokan! Simpan dengan nama file latihan5.xls.
Nama
|
Kode
|
Jenis Buku
|
Harga
|
Hani
|
DR
|
||
Jerry
|
HR
|
||
Wawan
|
HR
|
||
KM
|
|||
DR
|
|||
Ratih
|
LG
|
Kode Film
|
LG
|
DR
|
HR
|
KM
|
Jenis
|
Laga
|
Drama
|
Horor
|
Komedi
|
Harga
|
2500
|
2000
|
3000
|
2700
|
o Menggunakan GRAFIK
Salah satu fungsi
unggul dalam Ms Excel 2007 adalah grafik dimana dapat melihat hasil tabel
diubah menjadi ke dalam grafik dengan cepat. Dengan fungsi grafik para ilmuwan dapat menampilkan data mereka. Ms Excel
menyediakan berbagai macam bentuk grafik yang mencakupi Line, XY, Column, Bar,
Batang, Area, Stock, dan sebagainya. Grafik dapat dilihat dalam menu INSERT
sebagai berikut.
Setelah masuk
ke Insert Chart, maka silakan pilih
jenis grafik yang anda inginkan sesuai selera anda. Jika sudah terpilih jenis
Chart yang anda inginkan, silakan klik OK. Namun, karena membuat grafik perlu
sebuah tabel data untuk menampilkan grafiknya. Sehingga, silakan ikuti latihan
berikut ini.
Latihan
6 :
Ketiklah tabel dibawah
ini dalam worksheet baru anda! Simpan dengan nama file latihan6.xls.
Contoh Hasil a). adalah sbb :
Latihan 7 (bisa untuk tugas juga)
Buatlah 2 buah grafikseperti gambar berikut dengan data dibawah
ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar